CySEC Mengatakan – Pusat Panggilan Forex Dan Opsi Binari Mungkin Diperlukan Untuk Bergerak Ke Sini


Makelar opsi binari telah memusatkan diskusinya kepada para regulator keuangan di seluruh dunia. Beberapa regulator, seperti Israeli Security Authority, telah melarang kegiatan ini. Dan lainnya, seperti Kanada dan regulator di Perancis, selalu mengeluarkan peringatan dan peraturan baru sehingga membuat kegiatan opsi binari di negara-negara ini lebih berkembang dan lebih menantang.

Pokok diskusi berkisar pada pertanyaan apakah opsi binari adalah instrument keuangan atau perjudian? Salah satu keluhan utama yang ditujukan pada makelar opsi binari adalah mengenai adanya pusat panggilan yang dianggap oleh sebagian besar orang terlalu agresif.

Praktek lainnya yang telah diteliti adalah pengakuan dari makelar yang diregulasi oleh negara-negara ketiga dan bertindak sebagai para pelaku pasar.

Semua praktik ini lebih banyak lagi dibahas selama wawancara dengan tokoh keuangan terkemuka bersama Demetra Kalogerou – yang menjabat sebagai Ketua Umum dari Cyprus Securities Exchange Commission (CySEC).

CySEC tetap menjadi salah satu regulator global dari opsi binari. Akhir-akhir ini, beberapa regulator (seperti Israeli ISA) telah memutuskan untuk melarang opsi binari dalam yurisdiksi mereka. Apakah CySEC mempertimbangkan kembali untuk mengambil keputusan semacam itu?

“Regulator pertama kami untuk mengakomodasi segmen keuangan opsi binari pada tahun 2012 yang ditingkatkan pada tingkat regulasi perusahaan yang menawarkan layanan investasi didalam objek instrumen ini. Kami mengambil keputusan ini sesuai dengan konsultasi Komisi di Eropa karena mengesampingkan keuangan opsi binari harus dikategorikan sebagai instrumen keuangan di bawah MiFID. Oleh karena itu, untuk yurisdiksi Eropa, ini adalah instrumen keuangan seperti yang lain sampai dinyatakannya keputusan pada tingkat Uni Eropa”.

Saat ini, CySEC mengakui negara ketiga negara yang melisensikan makelar untuk bertindak sebagai pelaku pasar untuk mendaftar makelar di CySEC. Apakah anda melihat ada perubahan dalam kebijakan yang baik dari CySEC dan Uni Eropa secara perspektif?

“Pelaksanaan ini diperbolehkan di bawah MiFID, asalkan CIF berada didalam posisi untuk menunjukkan mengapa mereka memilih para pelaku pasar tertentu. Terkadang kita melihat masalah dengan praktek ini tergantung pada dimana ketiga negara membuat penanda yang dilisensikan, karena perusahaan-perusahaan yang bertindak sebagai pelaku pasar dapat dimasukkan di negara-negara yang tidak mematuhi ketentuan MiFID atau kerangka yang sama atau mungkin tidak dikenakan peraturan sama sekali. Potensi masalah akan muncul ketika uang ditangani di negara-negara diluar Siprus, sehingga sulit untuk mengawasi dan melacak jika sesuatu pergi ke arah yang salah. Kami memeriksa praktek-praktek ini sekarang dan kita akan melihat bagaimana kita akan menghadapinya”.

  • Apakah Pusat Panggilan Menciptakan Masalah Dan Dengan Cara Apa?

Perusahaan investasi berlisensi dibawah MiFID mungkin memasang iklan teknologi dan pemasaran. Sementara dukungan iklan teknologi di luar negeri umumnya tidak menimbulkan masalah, kita terganggu oleh masalah yang terakhir. Ketika datang ke iklan pemasaran, kita tahu bahwa beberapa perusahaan CySEC yang diregulasi bekerja sama dengan pusat panggilan di Uni Eropa – negara anggota dan ketiga negara. Pemasaran dari instrument keuangan dan jasa adalah fungsi yang sangat penting, tetapi beberapa dari pusat panggilan ini dapat menggunakan pemasaran yang agresif dan dengan demikian meminimalkan resiko yang menyesatkan atau menekan investor. Sangat penting untuk memastikan bahwa individu yang berkualitas telah direkrut dan seseorang yang ada serta bertugas dapat langsung mengawasi mereka. Tentu saja, CIF harus memiliki tempat mekanisme internal yang efektif untuk memantau kegiatan pengiklanan setiap saat untuk pusat panggilan. Berdasarkan pengalaman CySEC sejauh ini, ternyata memiliki kekurangan yang diidentifikasikan dalam pemantauan pusat panggilan ini, CySEC sedang mempertimbangkan untuk meminta CIF hanya melakukan kegiatan tersebut secara internal dari kantor mereka di Siprus atau hanya melalui cabang, agen terikat atau badan yang diregulasi berbasis di lain yurisdiksi. Hal ini dengan ketentuan bahwa semua orang di penjualan akan dilatih dengan baik dan lulus ujian CySEC ini”.

  • Glenn Stevens – Kepala Eksekutif dari Gain Capital telah mengkritik CySEC pada masa lalu untuk menjalankan “paspor” perusahaan makelar untuk mendaftarkan pelanggan yang bermasalah dengan nama-nama seperti Kermit the Frog dan Mickey Mouse. Bagaimana anda menanggapi klaim tersebut?

“Industri keuangan adalah salah satu hal yang sangat dinamis dan sangat kompetitif. Sudah bukan rahasia dan CySEC memiliki komitmen untuk mengembangkan industri yang kompetitif. Pada saat yang sama, itu adalah regulator berat dan semua perusahaan harus mematuhi aturan yang dirancang untuk melindungi investor. Orientasi klien transparan mendasari cara perusahaan CySEC dalam mengatur bisnis secara efektif. CySEC memastikan bahwa perusahaan yang berlisensi di Siprus harus mengikuti prosedur orientasi yang ketat, KYC dan AML – menurut Third Anti-Money Laundering Directive”.